Facebook Sarang Kopi Twitter Sarang Kopi Kaskus Sarang Kopi

Sarang Kopi Tokopedia


Free Recipes Sarang Kopi

Catalog PDF Sarang Kopi

 

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Kedai Kopi
TIPS and TRIK Membuka KEDAI KOPI / KOPI TIAM

Kali ini kami ingin share Tips and Trik untuk membuka Kedai Kopi / Kopi Tiam, sebelumnya kami jelaskan bahwa kami bukan merupakan sebuah Franchise dan kami juga bukan Konsultan yang dapat membuat konsep serta menentukan budget untuk membuka Kedai Kopi.

Bagaimana memulai Bisnis Kedai Kopi / Kopitiam ?

Pertama, yaitu apa yang dimaksud dengan Kedai Kopi.


Kedai Kopi / Warung Kopi
Kedai Kopi ini adalah konsep modernisasi dari Warkop-Warkop yang ada di Indonesia. Warkop-Warkop di indonesia yang eksis sekarang biasanya masih ala kadarnya, dengan menu pasaran (kopi AB* susu, ind*cafe, dsb). Kedai Kopi Modern bisa diolah dengan lebih serius, tapi tanpa mengesampingkan unsur-unsur tradisional-nya.

Ciri khas utamanya adalah : TANPA Espresso Machine. Jadi yang mau buka Kedai Kopi jenis ini, kesampingkanlah konsep espresso-ism, karena kalau dipaksakan malah yang muncul adalah kesan "maksa banget".

Menu di Kedai Kopi ini bisa berupa :

1. Kopi Tubruk Single Origin (Wamena, Toraja, Aceh Gayo, dll).

- Cara membuat Kopi Tubruk yang benar : Kopi Tubruk
- Varian Bel Canto Coffee : Varian Bel Canto

2. Vietnam Caffe Latte

-
Cara Membuat Kopi dengan Vietnam Coffee Drip : Tutorial Coffee Drip
- Classic Coffee Drip : Coffee Drip

3. Caffe and Tea Latte
Ok, andai Anda adalah pecinta kopi berat yang sangat fanatik kopi hitam, mungkin Anda kurang menyukai produk ini. Namun perlu Anda ketahui, konsumen Kedai Kopi di Indonesia JAUH LEBIH BANYAK yang menyukai berbagai varian Caffe and Tea Latte daripada Kopi hitam. Terutama bila Caffe and Tea Latte tersebut memiliki busa yang lembut dan tebal di atasnya, dengan aroma khas yang berbeda-beda. Hal ini kami ciptakan melalui produk yang kami garap dengan sangat serius, yaitu Esprecielo. Untuk list lengkap-nya silahkan lihat di bawah.

4. Ice Blended
Ada yang panas, tentu ada yang dingin. Untuk membuat minuman-minuman Ice Blended seperti di S-B*cks, tidak perlu Anda berpikir rumit-rumit dan pakai Espresso machine. Kalau Anda perhatikan, rata-rata coffee shop sejenis S-B*cks pun tidak memakai Espresso Machine untuk varian Ice Blended nya. Mereka memakai yang disebut Ice Blended Powder yang tinggal diblender dan…wuzzzz…jadi dech segelas Ice Blended.

- Cara Membuat Ice Blended : Tutorial Ice Blended
- Varian I-Cielo Ice Blended : Varian Ice Blended

5. Syrups
Jika anda ingin menambah Flavor pada minuman Kopi atau Ice Blended, caranya dapat dengan menambahkan Syrups. Bahkan dengan Syrups ada dapat membuat jenis menu baru, karena syrups jenis tertentu meruapakan pasangan yang pas untuk dicampur dengan minuman Soda maupun minuman beralkohol.

- Varian Syrups : Varian Syrups

6. JANGAN LUPA berbagai macam hidangan tradisional yang menarik, misal :
+ Mie Instant yang dikasih tambahan bumbu sendiri, misal seperti Mie Instant Extra Hot (pedas).
+ Roti Srikaya ala KopiTiam.
+ Nasi Goreng yang khas.
+ Pancake.
+ Waffel.
+ Kue basah yang banyak diminati.
+ Roti Bakar.
+ Pisang Keju.
+ Gorengan, sebisa mungkin dibuat "beda dari yg lain".

BAGAIMANA MEMULAINYA ?

1. Buatlah konsepnya secara matang. Jangan pernah “asal jalan” atau “asal jadi”, karena persaingan di jaman sekarang sangatlah ketat, dalam bidang apapun.

2. Sesuaikan Konsep dasar yang dianut dengan Lokasi dan Konsep Desainnya. Jangan sampai tidak nyambung, desain coffee shop ala Sb*cks namun hidangannya Kopi Tubruk, Vietnam Drip, dsb. Juga sebaliknya, desain sederhana dan tradisional, dalemnya Espresso machine mentereng.

3. Jangan pernah hanya mengandalkan kopi. Ingat, orang Indonesia suka ngemil sambil “kongkow2”, bahkan kata “ngopi” itu sendiri artinya “ngopi sambil ngemil”. Buatlah cemilan yang benar-benar special, jangan asal cemilan.

4. Lakukan Budgeting yang benar, dan sesuaikan dengan segmennya. Jangan berharap dengan budget 10-20 juta bisa mengundang segmen menengah atas. Begitu pula sebaliknya, bila Anda sudah Invest besar, jangan menyasar menengah bawah dengan menekan harga.

5. Sesuaikan Harga dengan Lokasi dan Konsepnya. Jangan ingin jual super murah di mall. Jangan juga jual mahal di pinggir jalan.

6. Perhitungkan Cost dengan benar. Hitunglah mulai dari biaya sewa, gaji pegawai, dan pengeluaran operasional lainnya dengan seksama, dan sisakan Modal yang Anda miliki untuk MINIMAL 6 bulan biaya-biaya tersebut.

7. Jangan sepelekan LOKASI. Karena LOKASI menentukan PRESTASI.

8. Buatlah tempat Anda senyaman mungkin. Tidak perlu mahal, Cuma mesti nyaman agar orang betah berlama-lama atau kongkow-kongkow di sana.

9. Buatlah Promo yang menarik begitu MULAI BUKA USAHA, karena Promo yang menarik adalah senjata utama untuk DI AWAL. JANGAN PERNAH MEMBUAT PROMO YANG MENARIK SETELAH BEBERAPA LAMA TIDAK LAKU.


Ok, Anda sudah memikirkan Konsepnya, dan sudah benar-benar berniat membuka Usaha, selanjutnya ?

1. Lakukanlah Trial menu. Beli Kopi dan berbagai perlengkapannya, dan mulailah mencoba-coba berbagai kreasi menu. Kami juga memberi basic recipe, namun semuanya sebaiknya Anda sesuaikan lagi dengan lidah Konsumen daerah Anda.

2. Mulailah mencari Lokasi Usaha yang strategis, kalau perlu tanya semua orang dan cari semua tempat. Ingat kembali 9 point di atas saat mencari lokasi.

3. Siapkan Budget.

4. Buatlah Design yang COCOK dengan Lokasi, sambil mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.

5. Siapkan Teknik Marketing yang heboh.

6. Undanglah Relasi Anda saat pembukaan.